Puisi tema diri sendiri , Aku harus menanggung malu

 

            Puisi aku harus menangguung malu merupakan gambaran seorang pemuda yang tidak bisa berbuat apa-apa atas apa yang tengah terjadi pada orang tuanya. Ia yang hanya bisa berdiam diri melihat orang tuanya terpontang-panting oleh keadaan yang tengah menguji kehidupan rumah tangganya. Berikut adalah puisi tersebut :

 

AKU HARUS MENANGGUNG MALU

Diusia mu yang mulai menyenja,

Engkau harus hidup bergelantungan,

Terpontang panting oleh badai,

Yang ingin meluluh lantakkan tegarmu,

Dan aku?

Hanya bisa diam,

Memandangimu berpeluh rasa cemas,

Dalam hatiku aku khawatir,

Ingin menangis,

Namun malu,

Engkau yang menampakkan sisi tegarmu,

Membiaskan riuhnya isi kepalamu,

Membuatku semakin terperangkap dalam salah,

Aku si muda yang tak bisa apa-apa,

Hanya mematung menancapkan dalam keraguan,

Sedangkan engkau,

Engkau harus maju berperang,

Memerangi hama-hama benalu mematikan,

Hingga engkau pun harus menjadi korban,

Kejahatan-kejahatan hitam yang datang,

Dan engkau pun ikhlas menerimanya,

Sungguh rasa bersalahku bukan kepalang,

Melihat engkau berkorban,

Menjemput mati di tengah bara api,

Sungguh aku pemuda tak berkepribadian,

Menanggung malu atas aku yang terus berdiam,

Sedangkan engkau tengah maju menjemput kematian.

 

            Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat. Pesan saya, semoga kita tidak seperti gambaran pemuda dalam puisi tersebut ya. Sebagai pemuda terlebih sebagai anak yang berbakti dan menghormati kedua orang tua kita harus membantu orang tua apapun yang sedang terjadi dengan kekuatan dan kemampuan yang kita punya.


#puisiaku #ayomembaca #literasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

puisi untuk sahabat

Resensi buku batik nusantara